20 Oktober 2011

Fitur baru apa saja yang ada di Android Ice Cream Sandwich?

Android OS 4.0 (Ice Cream Sandwich) baru saja diluncurkan bersamaan dengan ponsel Samsung Galaxy Nexus, kira-kira apa yang baru di OS 4.0 ini?
Sampai benar-benar mencobanya, pasti akan lebih tahu secara detil tetapi setidaknya kami akan mencoba menjelaskan fitur-fitur yang dianggap keren atau berguna.

- Face Unlock
PIN bisa dijebol tapi struktur wajah pasti jauh lebih sulit.
Di OS 4.0 ini akan ada fitur pengenal wajah dimana kita bisa men-set untuk unlock screen harus melalui pengenalan wajah, jika berbeda maka ponsel tidak bisa dibuka.
Jangan kuatir, kalau mendadak wajah anda berubah menjadi jelek dan tidak bisa dikenali maka kita masih bisa membukanya dengan PIN atau pattern yang biasa ada di Android.
- New lock screen actions
Halaman penguncian yang biasa selalu ada ketika ponsel diaktifkan akan ditambah satu menu (bisa dipilih) yaitu tombol kamera atau untuk membuka notification windows (melihat pesan masuk).
Kenapa tombol kamera, dapat dimaklumi karena sering kali kita kehilangan moment karena harus melalui beberapa tahap untuk membuka aplikasi kamera. :-)
- Powerful voice input engine
Tidak mau kalah dengan SIRI di iPhone 4s, Android OS 4.0 juga menawakan peningkatan fitur voice recognition.
Yang lebih penting lagi, di OS 4.0 ini dijanjikan suara kita akan mudah dikenali walaupun menggunakan bahasa yang bukan Inggris. Tahu sendiri dong bagaimana sebelumnya SIRI agak tidak berfungsi bila orang yang bicara bukan orang bule asli?
- Control over network data
Dijaman selalu tersambung dengan koneksi internet, banyak pengguna ponsel yang selalu deg-degan atau kuatir mengenai pemakaian biaya koneksi internet makanya di OS 4.0 ini ada fitur baru untuk melihat sekaligus memberikan peringatan apabila pemakaian internet hampir melewati kuota.
Dari dulu udah ada tapi dengan aplikasi pihak ke-3. :-)
- Rich and versatile camera capabilities
Selain katanya sudah lebih cepat untuk mengambil foto, kita juga bisa langsung edit foto tetapi dengan fungsi dasar seperti crop, rotate, flip, red eye dan lainnya.
- Sharing with screenshots
Sepertinya sederhana tapi baru di Android OS 4.0 ini kita sudah bisa mengambil screenshot tanpa harus menginstall aplikasi tambahan.
- Powerful web browsing
Lebih cepat katanya dibandingkan browser yang ada di Android 2.3.
Di OS 4.0 ini juga menawarkan sebuah browser yang bisa dioptimalkan sebagai Full desktop version yang artinya tampilannya akan bisa mirip dengan ketika kita buka di sebuah PC.
Ada juga Offline Reading yang mirip di iOS 5 milik Apple tetapi disini lebih menyimpan halaman yang akan kita baca kemudian dan halaman tersebut bisa kita baca walaupun tidak terkoneksi dengan internet.
- Android Beam for NFC-Based Sharing
Ponsel yang punya teknologi NFC tidak hanya sekedar digunakan sebagai alat pembayaran, di OS 4.0 ini, kita bisa menggunakan NFC untuk bertukar data dengan pengguna ponsel lainnya seperti tukar alamat, kirim URL, video dan masih banyak lagi.
Segitu dulu deh, sampai kami bisa mencicipi Android Ice Cream Sandwich, mungkin akan dibahas lebih detil lagi. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar